Pengakuan Dunia - Cerdas Buatan

Monday, April 29, 2019

Pengakuan Dunia


Pengakuan Dunia


M
ungkin Orang akan mencibir bila kaum Muslim mengungkapkan keberhasilan khilafah. Tapi, fakta tak bisa ditolak, sebab justru dunia sediri yang mengakui keberhasilan itu. Inilah yang dikemukakan Will Durant dalam The Story of Civilization. Berikut kutipannya.


Menjamin keamanan dunia

“Para khalifah telah memberikan keamanan kepada manusia hingga batas yang luar biasa besarnya bagi kehidupan pan dan usaha keras mereka. Para khalifah itu juga telah menyediakan berbagai peluang bagi siapapun yang memerlukannya dan memberikan kesejahteraan selama berabad-abad dalam keluasan wilayah yang belum pernah tercatat lagi fenomena seperti itu setelah masa meraka. Kegigihan dan kerja keras mereka menjadikan Pendidikan menyebar luas sehingga berbagai ilmu, sastra, falsafah dan seni mengalami kejayaan luar biasa; yang menjadikan Asia Barat sebagai bagian dunia yang paling maju peradabannya selama abad.”


Baca Juga :  Ada Berapa Ideologi di Dunia ?

Menyatukan umat manusia

“Agama islam telah mengusai hati ratusan bangsa di negeri-negeri yang terbentang mulai dari Cina, Indonesia, Indonesia hingga Persia, Syam, Jazirah Arab, Mesir bahkan hingga Maroko dan Spanyol. Islam pun telah memiliki cita-cita mereka, mengusai akhlaqnya, membentuk kehidupannya, dan membangkitkan harapan di tengah-tengah meraka, yang meringankan urusan kehidupan maupun kesusahan merka. Islam telah mewujudkan kejayaan dan kemuliaan bagi mereka sehingga jumlah orang yang memeluknya dan berpegang teguh padanya pada saat ini [1926] sekitar 350 juta jiwa. Agama islam telah menyatukan mereka dan melunakkan harinya walupun ada perbedaan pendapat maupun latar belakang politik di antara mereka.”

Menciptakan kemajuan ekonomi

“Pada masa pemerintahan Abdurrahman III diperoleh pendapatan sebesar 12, 054, 000 dinar emas. Diduga kuat bahwa jumlah tersebut melebihi pendapatan pemerintahan negeri-negeri Masehi Latin jika digabungkan. Sumber pendapatan yang besar tersebut bukan berasal dari pajak yang tinggi, melaikan salah satu pengaruh dari pemerintahan yang baik serta kemajuan pertanian, Industri, dana pesatnya aktivitas perdagangan.”

Menjamin kesehatan masyarakat

“Islam telah menjamin seluruh dunia dalam menyiapkan berbagai rumah sakit yang layak sekaligus memnuhi keperluanya. Contohnya rumah sakit yang layak sekaligus memenuhi keperluannya. Contohnya adalah al-Bimarusta yang dibagun oleh Nuruddin di Damaskus tahun 1160, telah bertahan selama tiga abad dalam merawat orang-orang sakit tanpa bayaran dan menyediakan obat-obat gratis. Para sejarawan berkata bahwa cahayanya tetap bersinar tidak pernah padam selama 267 tahun. ”[] emje

Sumber : MediaUmat hlm [7]

Comments


EmoticonEmoticon