STUCK SAAT NGODING ? - Cerdas Buatan

Thursday, October 24, 2019

STUCK SAAT NGODING ?


 STUCK SAAT NGODING ?


Pernah ga sobat Cerdas..
ketika Lagi enak-enak ngoding tiba-tiba stuck.
Apa yang harus saya lakukan ?
Sebagai programmer pasti sering mengalami stuck(error) saat ngoding.
Tenang, hal ini justru malah membuat kita menjadi programmer handal, karena dengan kesalahan tersebut, kita bisa belajar dan menemukan cara agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Kalau kita mengibaratkan bahwa setiap kejadian itu pasti ada ibrahnya(Pelajarannya) sama halnya dengan stuck(error).

Langkah-langkah saat mengalami stuck saat ngoding

Googling


Gambar : Perncarian Google

Bagi seorang programmer googling adalah sebuah kebiasaan bahkan menjadi kegiatan yang wajib dilakukan karena disamping  mencari kesalahan problem tersebut. Kita juga bisa manambah wawasan ilmu yang lainya bahkan pemecahan masalah yang berbeda.
Tips yang terpenting ketika Googling adalah

  1. Coba Copy Paste Error langsung Ke Google
  2. Coba Copy Paste/Ketikan Error tersebut dengan di tambahkan Bahasa Indonesia
  3. Coba Copy Paste/Ketikan Error tersebut dengan di tambahkan Bahasa Inggris

Tanya di Stack Overflow


Gambar : Tampilan Awal Website Stackoverflow

Sedikit kami jelaskan Stack Overflow adalah website Q & A (tanya jawab) yang fokus kepada permasalahan teknis yang dihadapi programmer. Satu hal yang pasti. anda harus bertanya dalam bahasa inggris, dalam mencari mencari solusipun harus menggunakan bahasa inggris. Mudahnya Stackoverflow adalah website forus mirip kaskus namun sangat berbeda dari sisi konten dan cara kerjanya. Ingin lihat kelebihan Stackoverflow. Cek salah satu pertanyaan dan solusinya dibawah ini.

Stackoverflow: Pertanyaan 

Stackoverflow: Jawaban 
Baca Juga : Tau ga sih Penamaan pemograman java diambil dari nama pulau DI indonesia

Dan bahkan banyak yang bilang Stackoverflow adalah tempat nongkrongnya para tukang koding...


Tanya Teman


Gambar : Programmer(pexels.com)

Biasanya solusi instan adalah langsung Tanya Teman yang sudah banyak pengalamannya bahkan bisa di bilang senior tentang ngoding. Dan biasanya memang agak berbeda sih cara menjawabnya. Ada yang baik ngasih tau full solusinya ada juga cuman ngasih arahan nya saja. yang terpenting kitanya harus fokus serius dan terus berusaha untuk memecahkan suatu masalah.

Berdoa

Gambar : Berdoa 

Nah disamping Googling, Tanya di Stackoverflow, dan Tanya Teman juga kita harus berdoa kepada Allah SWT. Karena bisa saja dengan berdoa dengan meminta solusi semua masalah itu di permudah.

Baca Juga : 8 Alasan Programmer Menggunakan Linux Di Banding Windows

Refreshing beberapa menit

Gambar : Programmer(pexels.com)

Luang waktu untuk Refreshing supaya tidak focus dengan masalah tersebut yang mengakibatkan setress berkempanjangan maka coba hal tersebut. Seperti kegiatan yang menjernihkan pikiran  Mendengarkan Lantunan ayat suci Al Quran di youtube, atau mendengarkan music relax dan sebagainya sesuai keinginan yang sekiranya membuat pikiran jadi relax untuk beberapa menit.
Sekira sudah relax coba deh di ulang kegiatan Ngodingnya.

Tanya di Grup

Gambar : Grup PHPID

Dan ini juga menjadi kegiatan yang wajib di coba bagi para programmer yang bener-bener kepepet belum dapet solusinya ketika sudah melakukan hal-hal di atas. karena biasanya para anggota grup pada baik-baik  memberi solusi walau kadang juga ada yang bully. yang terpenting biasakan untuk memberikan pertanyaan yang jelas jangan berbelit-belit dan sertakan Screenshot / Foto error nya.


Ulangi dari awal

Gambar : Repeat(freepik.com)

Coba ulangi dari awal jangan panik duluan biasanya kita suka lupa penutup titik koma atau bahkan nama variable atau yang lainya coba deh di kroscek semuanya dari awal. Karena tidak mungkin, error itu muncul kalau kodingan kitanya bener!


*Catatan : Tolong ingatkan apabila ada salah cetak/typo Terima Kasih!




Comments


EmoticonEmoticon